Sabtu, 29 Oktober 2011

Pengertian Ilmu Budaya Dasar

nama : indah permata sari
kelas :1pa09
npm: 13511565


1.     PENGERTIAN ILMU BUDAYA DASAR

      Secara sederhana Ilmu Budaya Dasar adalah pengetahuan yang di harapkan dapat memberikan pengetahuan dasar dan pengertian umum tentang konsep – konsep yang di kembangkan untuk mengkaji suatu masalah – masalah manusia dan kebudayaan .
      Istilah Ilmu Budaya Dasar di kembangkan di Indonesia sebagai pengganti istilah Basic Humanities yang berasal dari istilah bahasa Inggris yaitu “ The Humanities “. Adapun istilah Humanities itu sendiri berasal dari bahasa latin humanus yang bisa diartikan manusia , berbudaya dan halus . Dengan mempelajari the humanities di andaikan seseorang akan bisa menjadi lebih manusiawi , lebih berbudaya dan lebih halus . Dengan demikian bisa di katakan bahwa the humanities berkaitan dengan nilai – nilai manusia sebagai humanus atau manusia berbudaya . Agar supaya manusia bisa menjadi humanus , mereka harus mempelajari ilmu yaitu the humanities di samping tidak meninggalkan tanggung jawab yang lain sebagai manusia .
     Untuk mengetahui bahwa Ilmu Budaya Dasar  termasuk kelompok pengetahuan budaya ,lebih dahulu perlu di ketahui pengelompokan ilmu pengetahuan . Prof.Dr.Harsya Bachtiar mengmukakan bahwa ilmu dan pengetahuan di kelompokan dalam tiga kelompok yaitu sebagai berikut :

1.      Ilmu – Ilmu Alamiah ( natural science )
                        Ilmu – ilmu alamiah bertujuan mengetahui keteraturan – keteraturan yang terdapat didalam hubungan antar manusia . Untuk mengkaji hal itu di gunakan metode ilmiah . Caranya ialah dengan menentukan hukum yang berlaku mengenai keteraturan – keteraturan itu . lalu di buat analisis untuk menentukan suatu kualitas . Hasil analisis itu kemudian di generalisasikan .Atas dasar ini lalu di buat prediksi . Hasil penelitiannya 100% benar dan 100% salah . Yang termasuk kelompok ilmu – ilmu alamiah antara lain ialah astronomi , fisika , kimia , biologi , kedokteran , mekanika.
2.      Ilmu – Ilmu Sosial ( Social Science )
      Ilmu – Ilmu sosial bertujuan untuk mengkaji keteraturan – keteraturan yang terdapat di dalam hubungan antar manusia . Untuk mengkaji hal itu di gunakan metode ilmiah sebagai pinjaman dari ilmu – ilmu alamiah . Tetapi hasil penelitiannya tidak mungkin 100% benar , hanya mendekati kebenaran . sebabnya ialah kateraturan dalam hubungan antar manusia tidak dapat berubah dari waktu ke waktu . Yang termasuk kelompok ilmu – ilmu sosial antara lain ilmu ekonomi , sosiologi , politik , demografi , psikologi , antropologi sosial , sosiologi hukum dan sebagainya .
3.      Pengertian Budya ( the humanities )
      Pengetahuan budaya betujuan untuk memahami dan mencari arti kenyataan – kenyataan yang bersifat manusiawi . Untuk mengkaji hal itu di gunakan metode pengungkapan peristiwa – peristiwa dan pernyataan – peryataan yang bersifat unik , kemudian di beri arti . Peristiwa – peristiwa dan peryataan – peryataan itu pada umumnya terdapat dalam tulisan - tulisan. Metode ini tidak ada sangkut pautnya dengan metode ilmiah. Haya mungkin ada pengaruh dari metode ilmiah.
      Pengaruh budaya (the humanities) di batasi sebagai pengetahuan yang mencakup keahlian atau (disiplin) seni dan filsafat. Keahlian ini pun dapat di bagi-bagi kedalam berbagai keahlian lain. Seperti seni tari, seni rupa, seni muik dll. Sedangkan ilmu budaya dasar (basic humanities) adalah usaha yang diharapkan dapat memberikan pengetahuan dasar dan pengertian umum tentang konsep-konsep yang dikembangkan untuk mengkaji masalah-masalah manusia dan kebudayaan. Dengan perkataan ini ilmu budaya dasar menggunakan pengertian-pengertian yang berasal dari berbagai bidang pengetahuan budaya untuk mengembangkan wawasan pemikiran dan kepekaan dalam mengkaji masalah manusia dan kebudayaan.
      Ilmu budaya dasar berbeda dengan pengetahuan budaya. Ilmu budaya dasar dalam bahasa inggris di sebut dengan basic humanities. Pengetahuan budaya dalam bahasa inggris disebut dengan istilah the humanities. Pengetahuan budaya mengkaji masalah nilai-nilai manusia sebagai makhluk berbudaya ( homo humanus) , sedangkan ilmu budaya dasar bukan ilmu tentang budaya, melainkan mengenai pengetahuan dasar dan pengertian umum tetang konsep-konsep yang dkembangkan untuk mengkaji masalah-masalah manusia dan budaya.

-         RUANG LINGKUP ILMU BUDAYA DASAR
Dua permasalahan pokok bisa di pakai sebagai pertimbangan untuk menentekan ruang lingkup kajian mata kuliah Ilmu Budaya Dasar  . Kedua masalah pokok tersebut adalah :
1.      Berbagai aspek kehidupan yang seluruhnya merupakan ungkapan masalah kemanusiaan dan budaya yang dapat di dekati dengan menggunakan pengetahuan budaya ( The Humanities ) , baik dari segi masing – masing keahlian ( disiplin ) di dalam pengetahuan budaya , maupun secara gabuangan ( antar bidang ) berbagai disiplin dalam pengetahuan budaya .
2.      Hakekat manusia yang satu atau universal , akan tetapi beraneka ragam perwujudannya dalam kebudayaan masing – masing jaman dan tempat . Dlam melihat dan menghadapi lingkungan alam , sosial dan budaya , manusia tidak hanya mewujudkan kesamaan , akan tetapi juga ketidak seragaman yang di ungkapkan secara tidak seragam , sebagaimana yang terlihat ekspresinya dalam berbagai bentukdan corak ungkapannya , pikiran , dan perasaan , tingkah laku dan hasil kelakuan mereka .
• Pokok – Pokok Bahasan Yang Akan di Kembangkan adalah :
1.      Manusia dan Cinta Kasih
2.      Manusia dan Keindahan
3.      Manusia dan Penderitaan
4.      Manusia dan Keadilan
5.      Manusia dan Pandangan Hidup
6.      Manusia dan Tanggung Jawab Serta Pengapdian
7.      Manusia dan Kegelisahan
8.      Manusia dan Harapan
    Kedelapan pokok bahasan itu termasuk dalam karya – karya yang tercangkup dalam pengetahuan budaya . Masing – masing pokok bahasan dapat di dekati dengan baik menggunakan cabang – cabang pengetahuan budaya secara sendiri – sendiri maupun secara gabungan cabang – cabang tersebut .    
     
Sumber: buku“Ilmu Budaya Dasar”,
Penerbit Universitas Gunadarma
Pengarang Widyo Nugroho dan Achmad Muchji


Tidak ada komentar:

Posting Komentar