Sabtu, 29 Oktober 2011

Manusia dan Cinta Kasih

Nama:Indah Permata Sari
Kelas:1pa09
NPM:13511565


1.     MANUSIA DAN CINTA KASIH

A.    PENGERTIAN CINTA KASIH
    Menurut kamus umum bahasa Indonesia karya W.J.S.Poerwadarminta, cinta adalah rasa sangat suka (kepada) atau (rasa) sayang (kepada) ,ataupun (rasa) sangat kasih atau sangat tertarik hatinya, sedangkan kata kasih artinya perasaan sayang atau cinta kepada atau menaruh belas kasihan . dengan demikian arti cinta dan kasih hampir bersamaan , sehingga kata kasih memperkuat rasa cinta . karena itu cinta kasih dapat di artikan sebagai perasaan suka (sayang) kepada seseorang yang di sertai dengan menaruh belas kasihan .
    Walaupun cinta kasih mengandung arti hampir bersamaan , namun terdapat perbedaan juga antara keduanya. Cinta lebih mengandung pengertian mendalamnya rasa, sedangkan lebih keluarnya, dengan kata lain bersumber dari cinta yang mendalam itulah kasih dapat di wujudkan secara nyata .
    Cinta memegang peranan yang penting dalam kehidupan manusia ,sebab cinta merupakan landasan dalam kehidupan perkawinan, pembentukan keluarga dan pemeliharaan anak,hubungan yang erat di masyarakat dan hubungan manusiawi yang akrab. Demikian pula cinta pengikat yang kokoh antara manusia dengan Tuhannya, sehingga manusia menyembah Tuhan dengan ikhlas , mengikuti perintahNya dan berpegang teguh pada syariatNya.
    Berkat dari perasaan lembut yang di tanamkan oleh tuhan di dlam hati dan jiwa seseorang inilah ,akan terbentuk perasaan kasih sayang dan cinta dari seseorang terhadap orang lain: seseorang anak terhadap orang tuanya , orang tua terhadap anak-anaknya , seorang suami terhadap istrinya atau sebaliknya istri terhadap suaminya , cinta seseorang terhadap sanak saudaranya dan familinya , cinta seseorang terhadap sahabatnya atau seorang penduduk pada tanah airnya.

B.     CINTA MENURUT AJARAN AGAMA
    Ada yang berpendapat bahwa etika cinta dapat di pahami dengan mudah tanpa dikaitkan dengan agama . tetapi dalam kenyataan hidup manusia masih mendambakan tegaknya cinta dalam kehidupan ini. Disatu pihak , cinta didengungkan lewat lagu dan organisasi perdamaian dunia , tetapi di pihak lain daman praktek kehidupan cinta sebagai dasar kehidupan jauh dari kenyataan. Atas dasar ini , agama memberikan ajaran cinta kepada manusia.
    Dalam kehidupan manusia , cinta menampakkan diri dalam berbagai bentuk. Kadang- kadang seseorang mencintai dirinya sendiri. Kadang- kadang mencintai orang lain, atau juga istri dan anak , harta ,dan Allah dan Rasulnya . berbagai bentuk cinta ini bisa kita dapatkan dalam kitab suci Al-Qur’an.

C.     KASIH SAYANG
    Pengertian kasih sayng menurut kamus umum bahasa Indonesia karangan W.J.S.Poerwadarminta adalah perasaan sayang, perasaan cinta atau perasaan suka kepada seseorang.
    Dalam kasih sayang sadar atau tidak sadar dari masing-masing pihak dituntut bertanggung jawab, pengorbanan, kejujuran, saling percaya, saling pengertian, saling terbuka , sehingga keduanya merupakan kesatuan yang bulat dan utuh. Bila salah satu unsur kasih sayang hilang,misalnya unsur tanggung jawab, maka retaklah keutuhan rumah tangga itu. Kasih sayang yang tidak di sertai kejujuran , terancamlah kebahagiaan rumah tangga itu.
    Yang dapat merasakan kasih sayang tidak hanya suami atau istri atau anak-anak yang telah dewasa , melaikan bayi yang masih merah pun telah dapat merasakan kasih sayang dari ayah dan ibunya . bagaimana sikap ibunya memegang/ menggendong telah dikenalnya. Hal ini karena sang bayi telah mempunyai kepribadian.
    Kasih sayang , dasar komunikasi dalam suatu keluarga. Komunikasi antara anak dan orang tua ,pada prinsipnya anak terlahir dan terbentuk sebagai hasil curahan kasih sayang orang tuanya. Pengembangan watak anak dan selanjutnya tak boleh lepas dari kasih sayang dan perhatian orang tuanya. Suatu hubungan yang harmonis akan terjadi bila hal itu terjadi secara timbal balik antara orang tua dan anak.
    Adanya kasih sayang ini mempengaruhi kehidupan anak di dalam masyarakat. Orangtua dalam memberikan kasih sayangnya bermacam-macam demikian pula sebaliknya.
    Ada bermacam – macam kasus kasih sayang dalam kehidupan . semua orang tua mengharapkan hidup anaknya bahagia , karena itu tidak sedikit orang tua menumpahkan kasih sayang secara berbeda- beda sesuai dengan kemampuan dan pendapatnya ,. Ada yang secara berlebihan , disiplin , secara memberikan kebebasan dan sebagainya .karena itulah ada yang berhasil tetapi juga banyak yang gagal.

D.        KEMESRAAN
    Kemesraan berasal dari kata dasar mesra, yang artinya perasaan simpati yang akrab. Kemesraan ialah hubungan yang akrab baik antara pria dengan wanita yang sedang di mabuk asmara maupun yang sedang berumah tangga.kemesraan pada dasarnya merupakan perwujudan kasih sayang yang mendalam.kemesraan dapat menimbulkan daya kreativitas manusia. Dengan kemesraan orang dapat menciptakan berbagai bentuk seni sesuai dengan kemampuan dan bakatnya.

E.    PEMUJAAN
   Pemujaan adalah salah satu manifestasi cinta manusia kepada Tuhannya yang di wujudkan dalam bentuk komunikasi ritual. Kecintaan manusia kepada Tuhan tidak dapat di pisahkan dari kehidupan manusia. Hal ini ialah karena pemujaan kepada Tuhan adalah inti, nilai dan makna kehidupan yang sebenarnya.Karena itu jelaslah bagi kita semua , bahwa pemujaan kepada Tuhan adalah bagian hidup manusia , karena Tuhan pencipta semesta termasuk manusia itu sendiri. Dan penciptaan semesta untuk manusia .


Sumber: buku “ Ilmu Budaya Dasar”,
Penerbit Universitas Gunadarma
Pengarang Widyo Nugroho dan Achmad Muchji





Tidak ada komentar:

Posting Komentar