Kamis, 15 Januari 2015

INFORMASI DAN SISTEM INFORMASI PSIKOLOGI


NAMA           : INDAH PERMATA SARI
KELAS          : 4PA10
NPM               : 13511565

INFORMASI DAN SISTEM INFORMASI PSIKOLOGI

            Pada era moderen saat ini, informasi sudah menjadi kebutuhan untuk masyarakat saat ini, beraneka ragam informasi yang dibutuhkan seperti informasi pendidikan, informasi kesehatan dan masih banyak lagi informasi yang dibutuhkan masyarakat saat ini. Adapun pengertian informasi yaitu data yang diolah kemudian menjadi bentuk yang lebih berguna dan lebih berarti bagi yang menerimanya, menggambarkan suatu kejadian (event) dan kesatuan nyata (fact and entity)serta digunakan untuk pengambilan keputusan (Mardi, 2011). Sedangkan informasi menurut Budi Sutedjo (dalam Rochaety dkk, 2011) Informasi merupakan hasil pemrosesan data yang diperoleh dari setiap elemen sistem tersebut menjadi bentuk yang mudah dipahami dan merupakan pengetahuan yang relevan dan dibutuhkan dalam pemahaman fakta-fakta yang ada. Dan menurut Gordon (dalam Rochaety dkk, 2011) Informasi adalah data yang telah diproses kedalam suatu bentuk yang mempunyai arti bagi penerima dan memiliki nilai nyata yang dibutuhkan untuk proses pengambilan keputusan saat ini maupun saat mendatang.Jadi informasi adalah Hasil pemrosesan data yang diperoleh kemudian diolah dan diproes terlebih dahulu, sehingga memperoleh atau menghasilkan bentuk yang lebih berguna dan lebih berarti bagi yang menerimanya dan merupakan pengetahuan yang relevan dan dibutuhkan dalam pemahaman fakta-fakta yang ada yang dapat juga di gunakan untuk pengambilan keputusan. Sedangkan Sistem adalah sebagai suatu kesatuan yang terdiri dari dua atau lebih komponen atau subsistem yang berinteraksi untuk pencapaian tujuan (Rochaety, 2011). Menurut Puspitawati (2011) Sistem adalah kumpulan dari elemen-elemen yang berinteraksi untuk mencapai tujuan tertentu. Jadi sistem adalah sebagai suatu kesatuan yang terdiri dari dua atau lebih komponen yang berinteraksi untuk mencapai tujuan tertentu. Dengan demikian pengertian informasi dapat berinteraksi dengan sistem, dengan cara informasi atau pengetahuan yang diperoleh atau yang didapatkan, kemudian diolah oleh sistem dengan bantuan seorang ahli, sehingga dapat berinteraksi untuk menghasilkan sistem yang baik.
Sistem Informasi menurut Azhar Susanto (dalam Puspitawati, 2011), sistem informasi merupakan komponen-komponen dari subsistem yang saling berhubungan dan bekerja sama secara harmonis untuk mencapai suatu tujuan yaitu mengolah data menjadi informasi.Dan menurut Azhar Susanto (2004) sistem informasi merupakan komponen-komponen dari subsistem yang saling berhubungan dan bekerja sama secara harmonis untuk mencapai satu tujuan yaitu mengolah data menjadi informsi. Sedangkan Psikologi menurut Branca (dalam Heru Basuki, 2008) merupakan ilmu yang mempelajari tentang perilaku manusia. Richard Mayer (dalam Heru Basuki, 2008) Psikologi merupakan analisis mengenai proses mental dan struktur daya ingat untuk memahami perilaku manusia. Jadi Sistem Informasi Psikologiadalah suatu bidang kajian ilmu yang mempelajari tentang hubungan antara ilmu psikologi itu sendiri dalam kaitannya dengan penggunaan komputer dan aplikasinya dalam bidang psikologi dan lebih mengarah kepada manusia sebagai pengguna sistem informasi yang saling berhubungan dan bekerja sama untuk mencapai satu tujuan yaitu mengolah data menjadi informasi yang dapat digunakan atau dimanfaatkan oleh manusia itu sendiri.Penggunaan sistem informasi dalam Psikologi lebih mengarah kepada manusia sebagai pengguna sistem informasi yang ada. Penggunaan sistem informasi dalam psikologi mengacu kepada penggunaan-penggunaan software yang berkaitan dengan psikologi dan dapat menunjang tes-tes psikologi dalamhal pemberian tes maupun dalam hal skoring atau pemberian hasil tes psikologi. Misalnya tes intelegensi, tes kepribadian, tes minat dan bakat dan sebagainya. Penggunaan sistem informasi dalam psikologi juga banyak dimanfaatkan oleh psikolog-psikog untuk melakukan konseling secara online. Konseling secara online memberi kemudahan antara psikolog dengan klien tanpa harus bertemu secara langsung dan memudahkan dalam hal waktu. Semua hal tersebut dapat berjalan karena pemanfaatan sistem informasi yang dirancang sedemikian rupa oleh manusia sehingga dapat berguna untuk manusia itu sendiri misalnya dalam psikologi yang penggunaan sistem informasi lebih mengarah kepada manusiasebagai pengguna sistem informasi itu sendiri.
Contoh Kasus
Pada sistem informasi psikologi, dapat dilihat pada tes-tes psikologi berbasis online. Apabila kita sering menggunakan media sosial seperti facebook atau twitter, akan mudah dijumpai konten-konten atau aplikasi yang berkaitan dengan psikologi seperti motivasi, dan tes-tes kepribadian. contohnya yaitu penggunaa komputer dalam pembuatan software-software untuk bidang psikologi. Contoh lain mungkin dengan sistem konseling online yang sekarang ini banyak beredar dan banyak hadir di situs jejaring sosial.

Analisa
Dengan muncul dan berkembangnya tes online seperti ini juga mempengaruhi dunia psikologi yang sudah ada. Jika biasanya kita yang harus bertemu dan bertatapan langsung dengan psikolog untuk bertanya dan berkonsultasi dengan masalah psikologis kita, sekarang ada suatu bentuk forum online yang menyediakan suatu sarana tanya jawab dengan ahli psikologi. dengan adanya tes dan bahasan psikologi secara online mepermudah kita, tetapi tetap akan lebih baik dan mendalam bila melakukan konsultasi dan tes dengan bertatap muka langsung dengan psikolog. Hal tersebut lebih efektif karena kita dapat bertanya lebih mendalam dengan psikolog tentang masalah-masalah yang ada pada diri kita.


Sumber :
Basuki, Heru. 2008. Psikologi umum. Jakarta: Univesitas Gunadarma
Mardi. 2011. Sistem informasi akutansi. Bogor: Ghalia Indonesia
Rochaety, E., Setyowati, T., Ridwan, Z, F. 2011. Sistem informasi manajemen. Jakarta: Mitra Wacana Media


Tidak ada komentar:

Posting Komentar